VISI MISI PAROKI

TUJUAN PAROKI

  • Jangka panjang

Tujuan jangka panjang paroki mengacu pada Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang, yakni terwujudnya Peradaban Kasih dalam Masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman. Paroki St. Yosef Medari sebagai bagian dari Keuskupan Agung Semarang menyelaraskan diri dengan Visi Keuskupan yang diterjemahkan dalam konteks lokal.

  •  Jangka menengah

Jangka menengah ini dirumuskan oleh Dewan Paroki periode berjalan. Dalam hal ini, tujuan jangka menengah belum terumus dalam kalimat yang tegas.

  • Jangka pendek

Tujuan jangka pendek dapat dilihat dalam program pelayanan  tahun 2020 sebagaimana yang telah dicantumkan dalam buku ini. Tujuan jangka pendek ini mengacu pada fokus pastoral Keuskupan Agung Semarang usai Tepas 2020, “Menjadi Umat Katolik yang Transformatif”.

 

 

Adapun Misi Paroki St. Yoseph Medari adalah:

Rumusan Misi Paroki St.Yosef Medari didasarkan pada Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang (“Terwujudnya Peradaban Kasih dalam Masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman“) dan Arah Dasar Keuskupan Keuskupan Agung Semarang 2016-2020 (“Membangun Gereja yang inklusif, inovatif dan transformatif demi terwujudnya peradaban kasih di Indonesia”). Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang dan juga Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang 2016-2020 menjadi arah bagi perjalanan hidup beriman umat di Paroki St. Yoseph Medari sebagai bagian dari Gereja Keuskupan Agung Semarang. Agar arah dan cita-cita tersebut dapat diwujudkan secara lebih konkret dalam konteks Umat di Paroki Medari, maka perlu juga melihat beberapa hal  yang menjadi ciri khas serta kerinduan umat dalam membangun Gereja Medari supaya semakin cerdas, tangguh, misioner dan dialogis. Dengan demikian, harapannya, umat Paroki Medari terlibat aktif dalam mewujudkan peradaban kasih dalam masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman. Adapun Misi Paroki St. Yoseph Medari adalah:

  1. Membangun spiritualitas Yesus Kristus dan St. Yoseph bagi umat, yang menuntun pada kesadaran hakiki sebagai umat Allah dan warga masyarakat untuk menjadi bagian dari Gereja dan Bangsa yang memiliki semangat kebersamaan dan terlibat dalam segala karya Gereja dan Bangsa Indonesia. (UMAT KATOLIK YANG BERIMAN MENDALAM, CERDAS, TANGGUH, MISIONER dan DIALOGIS).
  2. Membangun persaudaraan sejati antar umat dan antar sesama warga masyarakat di seluruh wilayah Paroki St. Yoseph Medari, termasuk juga kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir, difabel untuk mengangkat martabat manusia, menjaga keutuhan ciptaan serta menghargai kebudayaan dan tradisi. (UMAT KATOLIK YANG BERMARTABAT DENGAN MEMILIKI KARAKTER INKLUSIF, INOVATIF dan TRANSFORMATIF)
  3. Paroki St. Yoseph Medari menjadi gereja terbuka bagi setiap orang/masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan umum, dengan berani berbenah untuk berubah secara internal demi kesejahteraan umat dan terlibat aktif secara eksternal dengan usaha kelompok-kelompok masyarakat yang berjuang bagi kesejahteraan setiap orang. (UMAT KATOLIK YANG PEDULI dan AKTIF DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT INDONESIA SEJAHTERA).

Misi ini juga semakin didukung dan diperkuat dengan adanya semboyan bahwa “Paroki St. Yoseph Medari punika Murid-murid Sang Kristus ingkang:

  1. Tresna dhumateng Gusti Yesus lan Santo Yoseph,
  2. Mbangun Pasedherekan Sejatos
  3. Obah lan Ngobahke Umat saha Masyarakat mujudaken Kesejahteraan Umum.”